Resep Praktis membuat Roti Tawar Motif Jerapah



Selamat Pagi sahabat LE...

Membuat sarapan pagi untuk keluarga adalah jadwal rutin sebagai seorang ibu. Pagi ini saya membuat roti tawar yang berbeda dari roti tawar biasa...
smile emotikon
dijamin unyu dan si kecil pasti suka. Walau tanpa zat pengempuk dan pelembut hasilnya enak dan lembut, yang pasti minim zat aditif ...
smile emotikon

Berikut Resepnya Roti Tawar Motif Jerapah :
Roti Tawar Motif Jerapah
- Giraffe Patches Bread -

Bahan Dough Roti Tawar Motif Jerapah :
- Susu segar ( saya pakai uht plain) 170- 180ml
**penambahan susu cair sedikit demi sedikit, jika dirasa cukup bisa dihentikan, bila kurang bisa ditambah**
-Telur ukuran sedang 1 butir
-Terigu protein tinggi ( saya pakai cakra kembar ) 350 gr
-Gula 35 gr
-Garam 1/2 sendok teh
-Unsalted butter 40 gr
-Ragi instant 6 gr

* cocoa pasta ( dicampur )
Bubuk cocoa 20 gr
Air hangat 12ml
Minyak sayur 1/2 sendok teh


Cara Membuat Roti Tawar Motif Jerapah :
1. Campur tepung, ragi, gula, susu, telur , aduk rata, uleni sampai kalis, lalu masukan butter dan garam, uleni lagi sampai kalis elestis.

2. Ambil adonan ( untuk adonan putih ) sebanyak kurang lebih 220 gram, sisihkan, biarkan mengembang hingga dua kali lipat.

3. Ambil sisa adonan (untuk adonan coklat ) ,Tambahkan cocoa pasta uleni lagi hingga rata, kemudian diamkan hingga mengembang dua kali lipat.

4. Setelah mengembang, bagi adonan putih menjadi 4 bagian, satu bagian seberat 70 gr , dan tiga bagian lainnya 50 gr , bulatkan.

5. Adonan coklat juga dibagi menjadi 4 bagian, satu bagian seberat 130 gram dan tiga bagian lainnya seberat 100 gram , bulatkan.

6.Roll adonan yang coklat memanjang sekitar 28 cm, gulung memanjang.

7. Roll adonan yang putih memanjang, bungkus adonan yang coklat ( yang sudah di roll tadi) dengan bentuk memanjang. Adonan coklat yang besar dibungkus dengan adonan putih yang besar juga. Lakukan hingga semua adonan coklat terbungkus dengan adonan putih. Ribet dikit tetep Semangattttt !!! Lanjutttt...

8. Potong masing-masing adonan yang sudah dibungkus menjadi 2 bagian ( potong di tengah jadi panjangnya kurang lebih 14 cm ) , jadi akan jadi 8 potong adonan.

9. Susun di loyang loaf (oles sedikit butter di permukaan loyang), letakan 3 adonan ukuran kecil dibagian bawah loyang, ditengah 2 yang ukuran besar dan lanjut yang paling atas 3 adonan ukuran kecil.

10. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 20 menit. Dinginkan, potong dengan menggunakan pisau roti bergerigi.

Siap sajikan menggunakai selai favorit **

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Praktis membuat Roti Tawar Motif Jerapah"

Posting Komentar