Resep Hintalu Jaruk / Telur Asin

Hintalu jaruk,,, begitu lah nama sebutan bahasa daerah saya,bagi si telur asin ..hintalu yg artinya telur, dan jaruk artinya di asinkan,, sengaja saya kasih nama ini, biar pada tau aneka bahasa daerah saya ya.
Nah kebetulan punya stok telur itik, sisa bln ramadhan kmrn hbs bikin-bikin wadai/kue, kmrn setelah nya saya bikin hintalu jaruk/ telur asin ini, hampir 10 hari berendam di air asin.
Resep Hintalu Jaruk / Telur Asin

 
Bahan Hintalu Jaruk / Telur Asin :
30 butir telur itik tambak / disesuaikan keinginan ( saya pakai jumlah telur segitu)
700 gram garam (saya pakai garam besar yg kasar )
4 liter air untuk merendam 

 

Cara membuat Hintalu Jaruk / Telur Asin :
Bersihkan semua telur dari kotoran, dengan menyikat telur cuci dng air, setelah di bersihkan tiriskan.
Ambil tempat besar yg memiliki tutup, masukkan air dan garam, lalu rendam telur itik tambak, saya pakai telur tambak krn tektur warna kuning telur nya lebih cerah di banding dng telur itik biasa.
Tutup rendaman telur dng rapat, rendam +- 2 minggu atau lebih sesuai keinginan krn semakin lama, keasinan telur semakin terasa, akan lebih baik bila telur asin ini mengeluarkan minyak.tapi awas bagi yg menderita tekanan darah tinggi di anjurkan jng terlalu asin..😊
Bila ingin menikmati langsung masak telur asin seperti memasak telur pada umum nya.
Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Hintalu Jaruk / Telur Asin"

Posting Komentar